Popularitas Sekolah Kecantikan

Koran SINDO

Rabu,  19 Agustus 2015  −  09:27 WIB

Popularitas Sekolah Kecantikan

Sekolah kecantikan berperan untuk mempersiapkan tenaga ahli profesional di bidang kecantikan mulai tata rambut, tata rias, hingga nail art. Tujuannya menciptakan tren kecantikan terbaru, mengembangkan industri kreatif, hingga pendukung sejumlah label ternama dunia.

Salah satu cerita keberhasilan alumni sekolah kecantikan adalah putri dari Gubernur Alaska Sarah Palin, yakni Willow Palin. Seperti dilansir Dailymail.co.uk,Sarah bangga dengan kelulusan putrinya dari kursus di sekolah kecantikan Penrose Academy, Scottsdale, Arizona, Amerika Serikat pada 2012 lalu.

Politisi dari Partai Republik tersebut juga mengatakan bahwa Willow telah memilih hal yang paling disukainya dan merencanakan pekerjaan terhadap hal yang disukainya tersebut, yaitu hairdressing. “Willow memutuskan untuk menyelesaikan persyaratan SMA-nya cukup awal dan mendaftar di kursus hairdressingdi Penrose Academy yang memungkinkan dia untuk belajar di luar negeri, mengunjungi set produksi media besar, dan bekerja dengan yang terbaik dari yang terbaik dalam industri kecantikan, “ ujar Sarah Palin, seperti dilansir Dailymail.co.uk.

Meskipun Sarah mendapat gelar liberal artsdalam jurusan jurnalisme dan komunikasi dari Universitas Idaho, dia tidak pernah memaksakan anaknya untuk mengikuti jenjang pendidikan yang sama seperti dirinya. “Salah satu alasan saya untuk mendorong secara agresif pelatihan kejuruan seperti sekolah kecantikan saat menjadi gubernur Alaska karena mereka (anak-anak muda) dapat memperoleh pekerjaan yang lebih baik yang dapat membahagiakan mereka.

Anak-anak muda tidak harus dipaksa dengan asumsi bahwa gelar sarjana adalah satu-satunya jalan untuk meraih suatu pekerjaan,” ujar Sarah Palin. Salah satu hairdresseryang sering membuka kelas hairdressing adalah Odile Gilbert. Hairdresserternama asal Prancis tersebut sering mengadakan kelas tutorial untuk para hairdressermuda. Berdasarkan informasi yang dilansir Allure.com, salah satu gaya rambut yang pernah diajarkan Gilbert adalah gaya rambut blade runner.

Gaya rambut unik ini merupakan gaya rambut yang mengombinasikan gaya rambut greaserala Elvis Presley namun dengan gelungan di tengkuk leher. Gaya rambut ini merupakan gaya rambut klasik yang membutuhkan teknik khusus untuk mengaplikasikannya. Baru-baru ini pun majalah mode ternama Voguemeluncurkan Vogue Beauty School yang berisi video tutorial mengenai dasar-dasar kecantikan mengenai rambut, kulit, dan nail art terbaru.

“Anda bisa berlangganan British Voguemelalui smartphone dan setiap dua minggu sekali Anda akan dikirimi video tutorial dari Vogue Beauty School seputar dunia kecantikan. Videovideo tersebut akan diperbarui setiap dua minggu sekali,” ujar Lisa Niven, beauty editor Vogue.co.uk. Berdasarkan informasi yang dilansir dari Beautypros.org,terdapat sekolah kecantikan yang cukup populer, yakni Regency Beauty Institute.

Sekolah kecantikan ini memiliki setidaknya 88 cabang yang tersebar di seluruh wilayah Amerika Serikat. Sekolah ini menawarkan pendidikan tata rias yang cukup lengkap meliputi make-up di bidang high fashion, film dan televisi, fotografi, airbrush make-up, make-upkarakter, prostetik, make-up untuk special effects, digital FX dan creature sculptures. Sekolah tersebut memberi siswa untuk belajar di lingkungan salon dengan metode learning by doinguntuk karier mereka.

Sekolah kecantikan ini bahkan memberikan beasiswa bagi para murid sehingga tidak mengherankan murid-murid yang ada di sekolah ini datang dari berbagai kalangan. Sekolah kecantikan lain yang cukup populer adalah Make-up Art Academy Paris (MAAP). Berdasarkan informasi yang dilansir dari Ecoledemaquillage.net, sekolah kecantikan ini juga pernah ikut menangani model-model di pemotretan berbagai majalah ternama seperti Vogue, Biba,dan Beaute.

Sejumlah label ternama pun pernah menjadi partner kerja mereka seperti Roberto Cavalli, Gucci, Ralph Lauren, dan Giorgio Armani. Sekolah kecantikan ini memiliki dua jenis program, yaitu program jangka panjang (6-10 bulan) dan jangka pendek (1 minggu-3 bulan). “Masing-masing program terdiri teori produk yang digunakan dan cara aplikasinya.

Semua biaya dari program yang ditawarkan sudah termasuk dengan peralatan yang diperlukan,” ujar Ibtissam Basma, ownerMake-up Art Academy Paris. Di Indonesia, sekolah kecantikan juga cukup banyak dan populer, di antaranya Johnny Andrean School Training, Puspita Martha, Rudy Hadisuwarno Hairdressing School, Essentia Spa Academy, dan Makeup Artistik di LaSalle College Indonesia.

Dwi nur ratnaningsih

(bbg)

views: 305x

Article source: http://www.koran-sindo.com/read/1034519/152/popularitas-sekolah-kecantikan-1439951095